EKSPLORASI JAMUR ENDOFIT PADA TANAMAN JERUK (Citrus sp.) FUSIPROTOPLAS DENGAN KETAHANAN BERBEDA TERHADAP Botriodiplodia theobromae Pat.

Authors

  • Yunita Dian Puspita
  • Liliek Sulistyowati
  • Syamsuddin Djauhari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh keanekaragaman jamur endofit pada jaringan tanaman jeruk fusiprotoplas terhadap ketahanan tanaman oleh serangan Botriodiplodia theobromae. Pada penelitian ini, dilakukan eksplorasi terhadap jamur endofit pada daun, ranting dan akar jeruk hasil fusiprotoplas yang telah melewati uji ketahanan terhadap patogen B. theobromaee. Perakitan tanaman jeruk melalui proses fusiprotoplas dengan tetua Satsuma Mandarin dan Siam Madu telah dilakukan oleh Martasari (2009). Ketahanan tanaman jeruk fusiprotoplas tersebut telah diuji terhadap infeksi B. theobromae, kemudian dikelompokkan kedalam tiga kategori yaitu tahan, moderat, dan rentan (Ragayatsu, 2012). Sampel tanaman jeruk diambil dari Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) Batu dan dilakukan penelitian dilaboratorium Bioteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya pada bulan April hingga Juni 2013. Sebanyak 5 tanaman pada masing-masing kategori ketahanan diambil jaringannya untuk dieksplorasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa jumlah genus jamur endofit lebih banyak ditemukan pada tanaman jeruk fusiprotoplas kategori tahan yaitu sebanyak 13 genus, kemudian kategori moderat dan rentan masing-masing adalah 11 dan 10 genus. Keanekaragaman genus jamur endofit pada tanaman jeruk fusiprotoplas tersebut, diduga mempengaruhi ketahanan tanaman terhadap serangan B. theobromae. Jamur endofit yang diperoleh berjumlah 94 isolat, terdiri dari genus Microsporium, Fusarium, Cephalosporium, Acremonium, Zygodesmus, Colletotrichum, Curvularia, Botryosporium, Nigrosporum, Mucor, Clyndrophora, Botrytis, Verticillium, Mastigosporium, Humicola, Trichocladium dan Aspergilus, dari jamur tersebut didominasi oleh genus Colletotrichum.

Kata kunci: eksplorasi, fusiprotoplas, jamur endofit, jeruk

Downloads

Published

2013-09-23

How to Cite

Puspita, Y. D., Sulistyowati, L., & Djauhari, S. (2013). EKSPLORASI JAMUR ENDOFIT PADA TANAMAN JERUK (Citrus sp.) FUSIPROTOPLAS DENGAN KETAHANAN BERBEDA TERHADAP Botriodiplodia theobromae Pat. Jurnal HPT (Hama Penyakit Tumbuhan), 1(3). Retrieved from https://jurnalhpt.ub.ac.id/index.php/jhpt/article/view/39

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>