KETAHANAN BEBERAPA VARIETAS JAGUNG (Zea mays L.) TERHADAP SERANGAN PENYAKIT HAWAR DAUN (Exserohilum turcicum Pass. Leonard et Sugss.)

Authors

  • Nur Latifahani Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya
  • Abdul Cholil Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya
  • Syamsuddin Djauhari

Abstract

ABSTRAK

Produksi jagung diperkirakan mengalami peningkatan sebesar 7,38% pada tahun 2012 namun, hingga tahun 2013 impor jagung masih tetap dilakukan. Hal ini dikarenakan masalah kadar air yang dinilai belum sesuai dengan standar industri pakan nasional dan akibat jamur patogen. Salah satu penyakit utama yang dapat mengakibatkan kehilangan hasil hingga 70% yaitu hawar daun yang disebabkan oleh jamur Exserohilum turcicum (Pass.) Leonard et Sugss (Ogliari et al., 2005). Penanaman varietas tahan merupakan cara pengendalian yang paling efektif dan dianjurkan karena aman bagi lingkungan. Pengujian beberapa varietas dilakukan di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari tingkat ketahanan beberapa varietas tanaman jagung terhadap serangan penyakit hawar daun dan varietas yang paling tahan terhadap serangan penyakit hawar daun. Varietas yang diuji adalah Lokal Batu, P12, P23, P29, P31, P21, P27, NK 33, NK 22 dan PERTIWI 3 masing-masing diulang 3 kali dengan menggunakan Rancangan acak kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas Lokal Batu, P12, P29, P31, NK 33, NK 22 dan Pertiwi 3 merupakan varietas agak tahan, varietas P23, P21 dan P27 merupakan varietas rentan. Tidak ada varietas tahan namun, varietas P29 merupakan varietas yang paling tahan di antara kesembilan varietas yang telah diuji karena rata-rata intensitas serangan paling rendah. Masa inkubasi yang lama menampakkan tingkat ketahanan tanaman yang lebih baik.

 

Keyword : ketahanan, hawar daun, Exserohilum turcicum, penyakit jagung

Downloads

Published

2014-02-27

How to Cite

Latifahani, N., Cholil, A., & Djauhari, S. (2014). KETAHANAN BEBERAPA VARIETAS JAGUNG (Zea mays L.) TERHADAP SERANGAN PENYAKIT HAWAR DAUN (Exserohilum turcicum Pass. Leonard et Sugss.). Jurnal HPT (Hama Penyakit Tumbuhan), 2(1), pp.52–60. Retrieved from https://jurnalhpt.ub.ac.id/index.php/jhpt/article/view/71

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>