IDENTIFIKASI DAN UJI PERKECAMBAHAN SPORA JAMUR PATOGEN YANG MENYEBABKAN BERCAK DAUN PADA TANAMAN KAKTUS PAKIS GIWANG (Euphorbia milii)

Authors

  • Devia Enitasepa Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya
  • Ika Rochdjatun Sastrahidayat Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya
  • Syamsuddin Djauhari Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya

Keywords:

Euphorbia milii, perkecambahan spora, Pestalotia sp.

Abstract

Penyakit yang sering ditemukan pada tanaman hias Euphorbia milii adalah penyakit bercak daun. Namun, penyebab penyakit bercak daun pada tanaman E. milii masih belum banyak diketahui hingga saat ini. Perkecambahan merupakan faktor yang penting bagi kelangsungan hidup spora. Pada beberapa kasus tertentu diketahui bahwa pertambahan spora patogen dapat dirangsang oleh metabolit sekunder tanaman yang rentan terhadap patogen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab penyakit bercak daun pada tanaman E. milii dan perkecambahan spora jamur patogen yang menyebabkan penyakit bercak daun pada berbagai konsentrasi ekstrak daun E. milii. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Penyakit Tumbuhan, Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang. Identifikasi penyakit bercak daun dilakukan dengan menggunakan uji postulat Koch. Pengujian perkecambahan spora memakai ekstrak daun E.milii dengan perlakuan konsentrasi ekstrak 0, 10, 25, 50, 100%, dan setiap perlakuan diulang 3 kali. Percobaan ini disusun dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap. Hasil dari  identifikasi didapatkan  bahwa penyakit bercak daun pada tanaman E. milii disebabkan oleh jamur Pestalotia sp. Persentase tertinggi dari perkecambahan spora jamur patogen Pestalotia sp. pada ekstrak tanaman E. milii dan air destilasi ditunjukkan pada perlakuan kontrol dengan nilai 82,25%, dan nilai terendah yaitu pada perlakuan ekstrak daun E. milii 100% dengan nilai 52,83%.

References

Agrios, G. N. 2005. Plant pathology. Departemen of Plant Pathology. University of Florida. United States of America. 922h.

Assani, S. 1994. Ultrastruktur, morfologi, dan pewarnaan kuman, dalam buku ajar Mikrobiologi Kedokteran. Binarupa Aksara. Jakarta. 429h.

Barnett, H.L. dan B.B. Hunter. 1998. Illustrated general of imperfect fungi. The American Phytopathological Society St. Paul. Minnesota. 218h.

Elliott, M. L., T. K. Broschat, J. Y. Uchida, dan G. W. Simone. 2004. Diseases and disorders of ornamental palms. American Phytopathological Society. St. Pau1. 69h.

Gafur, A. 2003. Aspek fisiologis dan biokimiawi infeksi jamur patogen tumbuhan. J. Hama dan penyakit Tumbuhan Tropika. 3 (1): 24-28.

Ganiswara, S. G. 1995. Farmakologi dan Terapi. Gaya Baru. Jakarta. 863h.

Hapsari, B. dan N. S. Budiana. 2007. Euphorbia milii. Penebar Swadaya. Jakarta. 80h

Herawati, R. D. 2004. Uji Toksisitas Getah Euphorbia milii Des Moulins Terhadap Artemia salina Leach. Skripsi Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta

Hu, H.L., R. Jewon, D. Q. Zhou, T. X. Zhou, dan K. D. Hyde. 2007. Phylogenetic diversity of endophytic Pestalotiopsis species in Pinus armandii and Ribes spp.: evidence from rDNA and βtubulin gene phylogenies. Fungal Diversity 24: 1-22.

Liu, A. R., T. Xu, dan L. D. Guo. 2007. Molecular and morphological description of Pestalotiopsis hainanensis sp. nov., a new endophyte from a tropical region of China. Fungal Diversity 27: 23-36.

Rukmana, R. 1997. Teknik perbanyakan tanaman hias. Kanisius. Yogyakarta. 80h.

Sirait, M. 2007. Penuntun fitokimia dalam farmasi. ITB. Bandung. 246h.

Downloads

Published

2019-01-31

How to Cite

Enitasepa, D., Sastrahidayat, I. R., & Djauhari, S. (2019). IDENTIFIKASI DAN UJI PERKECAMBAHAN SPORA JAMUR PATOGEN YANG MENYEBABKAN BERCAK DAUN PADA TANAMAN KAKTUS PAKIS GIWANG (Euphorbia milii). Jurnal HPT (Hama Penyakit Tumbuhan), 7(1), 18–22. Retrieved from https://jurnalhpt.ub.ac.id/index.php/jhpt/article/view/281

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>