UJI EFEKTIVITAS METODE APLIKASI JAMUR ENTOMOPATOGEN Beauveria Bassiana (Bals.) Vuillemin TERHADAP PUPA Bactrocera carambolae Drew & Hancock (Diptera:Tephritidae)

Authors

  • Ageng Prayoga Wicaksono Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya
  • Abdul Latief Abadi Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya
  • Aminudin Afandhi Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perbedaan efektivitas ketiga metode aplikasi suspensi konidia B. bassiana terhadap persentase kematian pupa B. carambolae, persentase pupa B. carambolae yang menjadi imago dan LT50 B. Bassiana. Dari ketiga metode aplikasi suspensi konidiaB. bassiana dapat menghasilkan kematian pupa.Hasil penelitian menunjukkan persentase kematian pupa B. carambolae tertinggi adalah pada metode aplikasi suspensi konidia B. bassiana yang disemprotkan pada kompos dan pupa (87,33%), diikuti dengan metode aplikasi suspensi konidia B. bassiana yang disemprot pada kompos (47,00%) dan yang disemprotan pada pupa (25,53%). Persentase pupa B. carambolae menjadi imago terendah adalah pada metode aplikasi suspensi konidia B. bassiana pada kompos dan pupa dengan persentase pupa menjadi imago (12,67%) meningkat berturut-turut pada metode aplikasi suspensi konidia B. bassiana yang disemprot pada pupa (52,00%) dan yang disemprotkan pada kompos (74,67%). LT50 B. bassiana pada perlakuan suspensi konidia B. bassiana yang disemprotkan pada kompos dan pupa diperoleh waktu terpendek (2,36 hari), lebih pendek dari perlakuan suspensi konidia B. bassiana yang disemprotkan pada pupa (2,87 hari) dan yang disemprotkan pada kompos (3,87 hari).

Kata Kunci : B.bassiana, B. carambolae, Metode Aplikasi, mortalitas, pupa

Downloads

Published

2015-04-17

How to Cite

Wicaksono, A. P., Abadi, A. L., & Afandhi, A. (2015). UJI EFEKTIVITAS METODE APLIKASI JAMUR ENTOMOPATOGEN Beauveria Bassiana (Bals.) Vuillemin TERHADAP PUPA Bactrocera carambolae Drew & Hancock (Diptera:Tephritidae). Jurnal HPT (Hama Penyakit Tumbuhan), 3(2), pp. 39–49. Retrieved from https://jurnalhpt.ub.ac.id/index.php/jhpt/article/view/181

Issue

Section

Articles