EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PUPUK HAYATI MIKORIZA (Glomus spp.) UNTUK MENGENDALIKAN NEMATODA PURU AKAR (Meloidogyne javanica) PADA TEMBAKAU (Nicotiana tabaccum L.)

Authors

  • Maris Purnanto Jurusan Hama dan Penyakit Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya
  • Hagus Tarno
  • Aminudin Afandhi

Abstract

Nematoda puru akar (Meloidogyne spp.) merupakan parasit penting dan banyak menyerang tanaman, sehingga menimbulkan kerugian karena terjadi penurunan produktivitasnya. Nematoda puru akar (Meloidogyne javanica) merupakan hama yang menyerang tanaman tembakau (Nicotiana tabaccum L.). Pengendalian nematoda puru akar dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan penggunaan mikoriza (Glomus spp.). Mikoriza ialah suatu struktur yang khas yang mencerminkan adanya interaksi fungsional yang saling menguntungkan dengan tumbuhan. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui efektivitas mikoriza (Glomus spp.) untuk pengendalian M.javanica pada tanaman tembakau dan mengetahui dosis pupuk hayati mikoriza (Glomus spp.) yang efektif dalam pengendalian serangan nematoda puru akar M. javaniva pada tanaman tembakau (N. tabaccum).Hasil menunjukan bahwa penggunaan pupuk hayati mikoriza dapat mengendalikan serangan nematoda puru akar Meloidogyne sp. pada tanaman tembakau (N. tabaccum L.). Pengaplikasian 60 g pupuk hayati mikoriza pada tembakau (N. tabaccum L.) merupakan dosis yang paling efektif dalam mengendalikan serangan nematoda puru akar (Meloidogyne sp.). Pengaplikasian 100 g pupuk hayati mikoriza pada tembakau (N. tabaccum L.) merupakan dosis efektif untuk peningkatan produksi tembakau.

Kata kunci: Tembakau, Nematoda Puru Akar, Mikoriza, Glomus spp.

Downloads

Published

2015-02-27

How to Cite

Purnanto, M., Tarno, H., & Afandhi, A. (2015). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PUPUK HAYATI MIKORIZA (Glomus spp.) UNTUK MENGENDALIKAN NEMATODA PURU AKAR (Meloidogyne javanica) PADA TEMBAKAU (Nicotiana tabaccum L.). Jurnal HPT (Hama Penyakit Tumbuhan), 2(4), pp. 123–130. Retrieved from https://jurnalhpt.ub.ac.id/index.php/jhpt/article/view/175

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>