PENGARUH PENGGUNAAN INANG PERANTARA PADI GOGO TERHADAP POPULASI MIKORIZA DAN INTENSITAS SERANGAN PENYAKIT REBAH SEMAI (Sclerotium rolfsii) PADA KEDELAI (Glycine max L.)

Authors

  • Istiqomah Istiqomah Jurusan Hama dan Penyakit Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya
  • Ika Rochdjatun Sastrahidayat
  • Anton Muhibuddin

Abstract

ABSTRAK

Penelitian dilakukan di Desa Landungsari Kabupaten Malang dan Laboratorium Mikologi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya pada bulan Juni 2013 - Pebruari 2014. Pengamatan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi: 1) Identifikasi jenis mikoriza yang ditemukan di lahan penelitian; 2) Jumlah mikoriza per 100 gram; dan 3) Intensitas serangan penyakit S. rolfsii. Jenis mikoriza yang dtemukan pada lahan penelitian adalah Glomus spp. Perlakuan penggunaan tanaman inang padi gogo menunjukkan hasil yang efektif dalam memperbanyak jumlah mikoriza. Jumlah mikoriza pada lahan yang ditanami inang padi gogo memiliki populasi paling tinggi sedangkan tanpa inang padi gogo memiliki populasi terendah. Intensitas serangan S. rolfsii pada perlakuan dengan mikoriza, inang padi gogo dan dosis normal (P1) memiliki presentase serangan yang terendah sedangkan perlakuan tanpa inang padi gogo menunjukkan tingkat serangan yang tertinggi. Inang perantara padi gogo efektif meningkatkan populasi mikoriza sebesar 279% dibandingkan dengan perlakuan tanpa inang padi gogo. Mikoriza mampu menekan serangan S. rolfsii mencapai 69,19%. Penggunaan mikoriza mampu mengurangi dosis pupuk sebesar 50% dengan  hasil produksi yang memiliki kisaran sama dibandingkan dengan pemberian dosis pupuk normal.

Kata kunci : Penyakit rebah semai, Sclerotium rolfsii, tanaman inang perantara, Glomus spp. dan mikoriza


Downloads

Published

2014-10-17

How to Cite

Istiqomah, I., Sastrahidayat, I. R., & Muhibuddin, A. (2014). PENGARUH PENGGUNAAN INANG PERANTARA PADI GOGO TERHADAP POPULASI MIKORIZA DAN INTENSITAS SERANGAN PENYAKIT REBAH SEMAI (Sclerotium rolfsii) PADA KEDELAI (Glycine max L.). Jurnal HPT (Hama Penyakit Tumbuhan), 2(4), pp. 54–62. Retrieved from https://jurnalhpt.ub.ac.id/index.php/jhpt/article/view/147

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3