EVALUASI BERBAGAI INSEKTISIDA TERHADAP HAMA ULAT BAWANG (Spodoptera exigua Hubner) (LEPIDOPTERA: NOCTUIDAE) PADA TANAMAN BAWANG MERAH

Authors

  • A Friska Rahmawati Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya
  • Silvi Ikawati
  • Toto Himawan

Keywords:

bahan aktif, bawang merah, efektivitas, insektisida, ulat bawang

Abstract

Salah satu hama yang menyebabkan penurunan produktivitas bawang merah adalah ulat bawang (Spodoptera exigua Hubner) (Lepidoptera: Noctuidae). Salah satu upaya pengendalian S. exigua pada tanaman bawang merah ialah dengan penggunaan insektisida. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas insektisida dengan bahan aktif tunggal chlorfenapyr dan flufenoxuron dalam mengendalikan populasi dan intensitas kerusakan tanaman bawang merah oleh larva S. exigua dan mengetahui efektivitas dari pencampuran bahan aktif chlorfenapyr, flufenoxuron, emamectin benzoat, fipronil dan Bacillus thuringiensis dalam mengendalikan populasi dan intensitas kerusakan tanaman bawang merah oleh larva S. exigua. Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan 12 perlakuan yang diulang 3 kali. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2014 sampai dengan Februari 2015, di Desa Pucangsongo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan aplikasi insektisida chlorfenapyr 1 l/ha + flufenoxuron 1 l/ha lebih efektif dalam menekan intensitas kerusakan tanaman oleh larva S. exigua dan menunjukkan produksi bawang merah tertinggi. Sedangkan perlakuan insektisida dengan bahan aktif flufenoxuron 0,5 l/ha + chlorfenapyr 1 l/ha mengakibatkan fitotoksik tertinggi pada tanaman bawang merah.

References

Arneti, 2012. Bioaktivasi ekstrak buah Piper aduncum L. (PIPERACEAE) terhadap Crocidolomia pavonana (F.) (Lepidoptera: Crambidae) dan Formulasinya Sebagai Insektisida Botani. Disertasi. Universitas Andalas. Padang.

Benz, G. 1971. Synergism of Micro-organism and Chemichal Insec-ticides. In : H.D. Burgerss and N.W. Husey. J. Microbial Control of Insect and Mites. 4(6):327-355.

Insecticide Resistance Action Committee (IRAC). 2010. Mode of Action Classification Brochure. Brochure 1(6.3).

Moekasan, T. S.; H. Runa; dan Somati. 2013. Penetapan Ambang Pengen-dalian Spodoptera exigua Pada Tanaman Bawang Merah Meng-gunakan Feromonoid Seks. J. Hortikultura. 23(1):80-90.

Suheriyanto, D.; L. Agustina,; dan G. Mudjiono. 2001. Kajian Komunitas Fauna Pada Pertanaman Bawang Merah dengan dan Tanpa Aplikasi Pestisida. J. Hama dan Penyakit Tumbuhan. 3(2):40-52.

Sembodo, D. 2010. Gulma dan Pengelola-anya. Graha Ilmu. Yogyakarta

Supartama, M.; M. Antara.; R. Rauf. 2013. Analisis Pendapata dan Kelayakan Usahatani Padi Sawah di Subak Baturiti Desa Balinggu Kecamatan Balinggi Kabuaten Parigi Moutong. J. Agrotekbis. 1(2):166-172.

Rauf, A. 1999. Dinamika Populasi Spodoptera exigua Hubner (Lepido-ptera: Noctuidae) Pada Pertanaman Bawang Merah Di Dataran Rendah. J. Buletin Hama dan Penyakit Tumbuhan. 11(2):39-47.

Yuliana, D.; Jasmi; dan E. Safitri. 2013. Kepadatan Populasi Spodoptera exigua (Lepidoptera: Noctuidae) Pada Bawang Merah di Kampung Batu Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok. J. Biologi. 2(1):23¬-28.

Zheng, S.; B. Henken.; W. Wietsma.; E. Sofiari.; E. Jacob.; F. A. Krens.; and C. Kik. 2000. Development of bio-assays and screening for resistance to beet armyworm (Spodoptera exigua Hubner) in Allium cepa L. And its wild relatives. J. Euphytica. 11(4):77-85.

Downloads

Published

2017-10-23

How to Cite

Rahmawati, A. F., Ikawati, S., & Himawan, T. (2017). EVALUASI BERBAGAI INSEKTISIDA TERHADAP HAMA ULAT BAWANG (Spodoptera exigua Hubner) (LEPIDOPTERA: NOCTUIDAE) PADA TANAMAN BAWANG MERAH. Jurnal HPT (Hama Penyakit Tumbuhan), 4(2), 54–60. Retrieved from https://jurnalhpt.ub.ac.id/index.php/jhpt/article/view/229

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>